Jumat, 14 September 2012

Keterkaitan IMK dengan Ilmu yang Lain


Hubungan dan Keterkaitan IMK dengan bidang ilmu lain, misal seperti :

  1. Ilmu Komputer dan Teknik Elektronika
  2. Ergonomi
  3. Antropologi
  4. Linguistik
  5. Sosiologi
  6. Perancangan desain, grafis dan tipografi
  7. Intelijen Buatan ( Artificial Intelligence )
  8. Psikologi Kognitif
  9. Filsafat
  10. Engineering ( Teknik )
  11. Social and Organization Psychology ( Sosial dan Psikologi Organisasi )
Berikut ini merupakan uraian dan definisi beberapa bidang ilmu lain, antara lain :
 1.       Ilmu Komputer dan Teknik Elektronika :

Adalah ilmu sistematis tentang proses algoritmik yang menjelaskan dan mentransformasikan informasi, baik    yang berhubungan dengan teori, analisis, desain, efisiensi, implementasi maupun aplikasi.
Bidang ini sangat berperan untuk memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem IMK.


 2.       Ergonomi

           Merupakan ilmu yang menitikberatkan pada pembahasan mengenai manusia sebagai eleman utama dalam  suatu sistem kerja.
     
       3.       Antropologi
      
            Adalah salah satu cabang ilmu social yang memperlajari tentang budaya masyarakat suatu etnis tertentu. Dan lebih memusatkan pada penduduk yang merupakan masyarakat tunggal. Tunggal dengan arti kesatuan masyarakat yang tinggal di daerah yang sama.
4
       4.       Linguistik

          Merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog diperlukan sarana komunikasi yang memadai yang berupa suatu bahasa khusus. Misal, bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah dan sebagainya.
5
       5.       Sosiologi

             Kata Sosiologi berasal dari bahasa Latin yaitu Socius yang berarti kawan, sedangkan Logos berarti Ilmu pengetahuan.  Sosiologi itu sendiri memiliki arti yaitu ilmu pengetahuan tentang masyarakat.
6
       6.       Perancangan Desain, Grafis dan Tipografi

          Sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog yang cukup efektif antara manusia dan komputer.
            Sedangkan desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata “desain” bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, “desain” memiliki arti “proses” untuk membuat dan menciptakan obyek baru. Sebagai kata benda, “desain” digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal atau berbentuk obyek nyata.
7
       7.       Intelijen Buatan ( Artificial Intellegence )

          Merupakan kemampuan dari manusia yang diterapkan pada sebuah entitas buatan. Sistem ini biasa dikenal sebagai komputer. Komputer awalnya hanya digunkan sebagai mesin hitung, namun dalam perkembangan jaman, komputer dapat melakukan kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan oleh manusia.

8     8.       Psikologi Kognitif

      Adalah salah satu cabang dari psikologi dengan pendekatan kognitif untuk memahami perilaku manusia. Psikologi Kognitif mempelajari tentang cara manusia menerima, mempersepsi, mempelajari, menalar, mengingat dan berpikir tentang suatu informasi.
9
       9.       Filsafat

       Adalah ilmu tentang masalah umum dan mendasar, seperti yang berhubungan dengan eksistensi, pengetahuan, nilai, akal pikiran dan bahasa sehingga dapat berperan untuk memberikan landasan filosofik dalam memahami berbagai konsep bagi penerapan interaksi manusia dan komputer.
1
     10.   Engineering ( Teknik )

      Yaitu disiplin, seni, keterampilan, profesi dan teknologi untuk memperoleh dan menerapkan ilmu pengetahuan, matematika, ekonomi pengetahuan, social dan praktis untuk merancang dan membangun struktur, mesin, perangkat, sistem, bahan dan proses dengan menguasai teknik-teknik yang dapat digunkan dalam perancangan user interface agar lebih efektif.
1
    11.   Social and Organization Psychology ( Sosial dan Psikologi Organisasi )

       Yaitu memeriksa dan mamahami masalah organisasi dari berbagai perspektif dan konteks dari individu, kelompok dan tingkat organisasi. Dengan adanya keterkaitan ini, maka IMK dapat sukses dalam pasar kerja yang beragam juga persaingan bisnis yang semakin ketat dan cepat berubah.

0 komentar:

Posting Komentar